Do & Don’t Untuk Hamil Muda (2)

Diposkan oleh oti | Jumat, Agustus 28, 2009

Do & Don’t Untuk Hamil Muda. Pada masa hamil muda para calon ibu harus lebih waspada , karena masa hamil muda rentan terjadi hal-hal ya g tidak kita inginkan. untuk itu para calon ibu harus menjaga gaya hidup mereka. hal-hal yang bopregnant 1 leh Do & Don’t Untuk Hamil Muda adalah:

9. NAIK PESAWAT TERBANG. Wanita hamil tak dilarang melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang selama kondisi fisiknya sehat dan tidak ada kelainan dengan kehamilannya. Kelainan yang dimaksud misalnya riwayat kontraksi atau riwayat perdarahan. Bila ada riwayat, dikha-watirkan terjadi perdarahan di pesawat.

10. MELEWATI KONDISI JALAN YANG BURUK. Kondisi jalan yang buruk memang dapat membuat otot punggung, otot pinggang, otot perut dan otot paha wanita hamil jadi meregang, sehingga ibu jadi mudah lelah. Jika melalui jalan buruk sebaiknya kecepatan kendaraan dikurangi. Selama tak ada benturan, kehamilan tetap aman. Namun, akan lebih baik kalau melalui rute jalan lain yang lebih mulus.

11. MINUM AIR ES. Tak masalah. Kalaupun ada yang mengatakan nanti akan membuat janin jadi gemuk, itu adalah mitos. Kecuali es ini ditambahkan dengan sirop, madu atau gula yang berlebih karena mengandung zat karbohidrat.

12. MAKAN BUAH DURIAN. Selama hamil, ibu tak dianjurkan makan durian karena dapat merangsang timbulnya kontraksi. Jika usia kehamilan masih muda, maka dapat memicu keguguran. Jadi, kalau ibu hamil ngidam durian, ya dengan mencium baunya saja.

13. BANYAK BERJALAN. Jalan merupakan olahraga ringan bagi ibu hamil dan dapat dilakukan setiap pagi sekitar 1/2 jam. Boleh juga jalan-jalan rekreasi ketika berbelanja atau sekadar cuci mata. Ukur saja kemampuan diri. Jika terasa capek, berhenti dan duduklah sejenak.

14. MENUNGGING AGAR JANIN TAK SUNGSANG. Menungging boleh dilakukan sejak usia kehamilan 32 minggu. Bisa dilakukan selama 5-10 menit, sebanyak 3-4 kali sehari. Posisi ini membantu janin menemukan posisi yang tepat agar tidak sungsang. Jika sungsang tetap terjadi di usia kehamilan 36 minggu, maka posisi itu tak dapat diubah lagi.

15. DIPIJAT. Ibu hamil sering mengeluh sakit punggung, pegal-pegal, dan rasa kaku pada otot-ototnya. Untuk mengurangi keluhan ringan tersebut, ibu boleh dipijat. Namun bukan pijat dengan tekanan yang kuat, melainkan sekadar untuk merelaksasi dan mengurangi rasa sakitnya.

Kini anda akan lebih mengerti Do & Don’t Untuk Hamil Muda…

0 komentar