Pola Makan Ibu Hamil Muda

Diposting oleh oti | Senin, Juli 27, 2009

Pola Makan Ibu Hamil Muda. Beberapa ketidaknyamanan di masa hamil muda mengkondisikan wanita hamil muda untuk menyesuaikan kebiasaan makan. Seringkali ibu hamil muda tidak dapat mengonsumsi makanan seperti biasa. Bahkan, tidak jarang makanan pokok seperti nasi menyebabkan mual dan muntah bagi ibu hamipregnantl muda.

1. Untuk menyiasatinya, maka dapat dilakukan frekuensi makan yang lebih sering dengan  porsi lebih kecil dapat membantu, dengan biskuit sebagai camilan dan banyak minum cairan.

2. Sementara itu, rasa panas dalam dada dapat diredakan dengan makanan porsi kecil dan menghindari makanan berminyak atau pedas dan kafein. Untuk sembelit, yang dapat muncul selama hamil, tingkatkan konsumsi cairan, makanan berserat, dan buah-buahan serta jus.

3. Selain menjaga dari resiko dehidrasi, cairan yang cukup dalam tubuh juga dipercaya akan mengurangi rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil.

4. Makanan segar dan mengandung banyak air, dapat menjadi alternatif yang baik bagi wanita yang tengah hamil muda. Hindari juga makan yang terasa asam seperti mangga muda. Memang terasa enak dimulut, namun justru akan membuat perut bertambah kembung.

5. Selain itu, waktu istirahat cukup dibutuhkan oleh para calon ibu. Istirahat bagi wanita hamil tidak berarti harus tidur berbaring. Beristirahat dengan relaksasi di kursi atau sofa selama 30 menit hingga 1 jam cukup mengembalikan kondisi fisik ibu hamil usai beraktivitas.

6. Pada malam hari, usahakan agar ibu hamil mendapat waktu tidur yang cukup untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Semoga Pola makan Ibu Hamil Muda bermanfaat bagi kita semua…

0 komentar